Selasa, 17 Maret 2015

Bikin Passport? Yuk! Jalan aja!



Haiiiii semuanya!
Hari ini Rain bakalan ajakin kalian buat bikin passport!
Whyyyyy? Soalnya gue juga baru bikin passpor kemaren, tanggal 12 Maret 2015! Nah gimana sih caranya bikin passport? Ribet kah? Yuk! Jalan aja!


-- Formulir Online
Nah buat kalian yang pengen bikin passport, pertama-tama sih lebih enak kalo kita isi formulir online dulu nih. Kenapa? Karena.....jeng jeng. Kalo kita bikin langsung (atau biasa disebut walk-in) bakalan lama dan panjang banget! Biasanya kita bakalan rebutan antrian sama bapak-bapak dan ibu-ibu! (lagi-lagi) kenapa?? karena menurut analisi saya (ea) bapak-bapak dan ibu-ibu ini cenderung gak familiar sama yang namanya online! Dan mereka gak segen-segen loh buat dateng di kantor imigrasi dari jam 6 pagi! (jam 6 pagi udah stand-by di kantor imigrasi) dan parahnya lagi, kantor imigrasi biasanya kasih kuota untuk pendaftar (baik online maupun walk-in) setiap harinya! 
Nah abis cas cis cus, ini website buat urus formulir online-nya website kantor imigrasi .

-- Abis isi, ku terus....
Nah gimana? udah ngisi online? Abis kalian isi online, yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah.......membayar (bagian yang paling berat buat gue). Kalo di isian online kalian ngga akan (ea yakin banget bu?) ga akan nemuin pilihan yang 24 pages. Kenapa oh kenapa~ 
Karena kata bapaknya (yang jaga di kantor imigrasi): 
  1. Kalo 24 lembar itu identik sama yang namanya TKI. Itulah kenapa biasanya jarang dibuat yang 24. 
  2. Banyak orang yang abis dikasih tau alesan pertama (dan celakanya udah bayar) pengen pindah bikin yang 48. Which is gabakalan digantiin lagi duitnya.
  3. Kalo bikin yang 24, bakalan susah masuk ke negara-negara tertentu. Kalo gasalah sih bapaknya bilang bakalan susah di benua Eropa dan Amerika. Gabakalan lucu kalo lo udah sampe Eropa gajadi kemana-mana dan harus balik lagi gara-gara dikirain TKI :"""""")
Nah abis itu kalian bayar deh! Pembayaran dilakukan di BNI (kalo gue sih). Sebelum kalian bayar, print dulu attachment yang bakal kalian terima di e-mail kalian abis ngisi form online ya! Kalo ga kalian gabisa bayar...... Diitung-itung biaya passport ini IDR 355.000 (termasuk administrasi dan sebagainya). Jangan lupa, simpan bukti pembayaran! Dan akan ada e-mail masuk ke e-mail kalian. Jangan lupa print ya!


-- ke Kantor Imigrasi sendiri? Yuk! Jalan aja!
Nah buat kalian yang mau bikin passport, kalian bisa pilih dari hari Senin sampai hari Jumat (soalnya hari Sabtu sama Minggu libur) (YA IYALAH RAIN) dan kalian bisa pilih mau ke kantor imigrasi mana. Gue pribadi karena merantau di Depok akhirnya pergi ke kantor Imigrasi Depok.

Buat yang pengen tau letak kantor imigrasi Depok, beserta kuota dan lain-lain, boleh buka disini.
FYI aja sih kalian dapet antrian nomer berapa itu hoki-hokian. Kebetulan gue dua kali kesana, yang pertama gue gabawa persyaratan lengkap dan yang kedua gue udah lengkapin semuanya. DIhari yang sama, hari Kamis (5 April 2015) antrian disana ngga gitu panjang (gue sampe di lokasi jam 07.30 WIB) dan temen gue dapet nomer antri 25 (which is dipanggil kedalem buat wawancara, foto dan lain-lain) jam 11 siang.
Kemudian di hari Kamis tanggal 12 Maret gue jalan kesana dari jam 6 pagi (sampe jam 06.30 WIB) dengan niatan supaya bisa cepet selesai, alhasil antrian malah panjang banget.........................................
Kemudian bapak-bapak bilang bahwa antrian online beda barisan, (THANKS GOD :") gue langsung cus ke antrian online. Tapi.......siap-siap aja. Kadang masih aja ada orang yang nyerobot antrian (huftness). Dapetlah gue antrian nomer B15 dan selesai jam 10.00 WIB.
Apa aja sih yang perlu dibawa ke kantor imigrasi Rain? Yang perlu dibawa nih ya:
  1. Sebelum beranjak ke apa yang perlu dibawa, inget, pakaian harus rapi! Kemeja dan sepatu is a must! 
  2. Akta/ Ijazah asli beserta fotokopian.
  3. KTP asli beserta fotokopian.
  4. Kartu mahasiswa asli beserta fotokopian (kalau kalian ngerantau juga kaya gue).
  5. KK asli beserta fotokopian.
  6. Surat nikah asli beserta fotokopian (kalo belum nikah apalagi calonnya belum ada, ngga perlu :")
  7. KTP orangtua  asli beserta fotokopian (kalo lo masih under 17 dan belom punya KTP sendiri),
  8. Bukti pembayaran yang dikasih dari bank kalian transfer.
  9. Materai (kalo kalian ngga bawa bisa beli di fotokopian kantor imigrasi).
Inget yaaa disini gue udah kasih kalian tulisan tebel di kata asli, why? Soalnya mereka gabakalan kasih kalian masuk ke tahap selanjutnya kalo kalian gabawa dokumen asli ini (gue udah nyoba soalnya) dan didalem kalian bakalan ditanyain lagi, bawa gak dokumen asli, serta dikasih pertanyaan singkat (di kedua meja baalan diminta dokumen asli terus-terusan). Nanti kalian bakalan dikasih 2 kali meja introgasi (ealah). Buat meja pertama, pertanyaannya sederhana sih. Kayak misalnya:
  1. Namanya siapa?
  2. Rumahnya dimana?
  3. Tanggal lahir?
  4. Nama ibunya siapa?
  5. Nama bapaknya?
  6. Ini ngisi online ya Mbak?
  7. Ini datanya bener ya?
  8. Ngisi sendiri kan ya?
  9. Coba dicek Mbak.
  10. Bener ya sudah ini datanya?
Nah bisanya kalo yang menangani kalian itu sepuh, pertanyaan kalian diiringi dengan kalian harus liatin komputernya, apakah datanya bener atau ngga. Perlu dicek lagi sih bagian alamat, soalnya punya gue juga sempet beda sama data yang gue masukin.
Nah setelah melewati begitu banyak cobaan di meja introgasi 1, kalian disuruh duduk buat dipanggil ke meja introgasi 2. Panjang ya? Iya. Lama ya? Iya. Di meja introgasi 2, pertanyaannya lebih beragam.
  1. Mo kemana Mbak?
  2. Sama siapa?
  3. Asli Tegal? (gue orang Tegal)
  4. Mama papa nya siapa namanya?
  5. Disini ngekos?
  6. Sering pulang ke Tegal?
  7. Jadi betah ya di Depok?
  8. Liburan sama siapa?
Nah kurang lebih gitu sih pertanyaannya. Buat meja introgasi 2 ini biasanya pertanyaannya lebih beraneka macam dan tergantung dari yang mewawancara. Kalo gak ada aslaah jaringan sih biaanya cepet. Berhubung pas gue ada maslaah jaringan jadi gue lama (almost 45 menit).
Nah buat cowo sebelum gue, dia juga lama noh. Udah gitu pas jawab si cowo sambil nyengir-myengir (yang ngasih pertanyaan cewe). Kalo itu sih gue ngga ngerti ditanyain apa..............
Dan voilaaa! kalian bakalan dikasih kertas untuk pengambilan passport deh! Passport ini jadi selama 3 hari (hari libur ngga diitung). Karena gue bikin hari Kamis, passport gue bakalan jadi di hari Selasa.

-- MY OWN PASSPORT!

Sekali lagi kita harus kembali ke kantor imigrasi gan! Untuk pengambilan sih cepet banget ga sampe 5 menit seinget gue. Jam kerja mulai dari 09.00 - 15.30 WIB. Gue dateng jam 3 lebih dan gasampe berapa lama udah jadi deh passport-nya! (SENENG LOH). 

Nah, jadi untuk pembuatan passpor ini, budget yang gue keluaran adalah:

Print Rp 1000,-
Pembuatan Passport beserta administrasi Rp 355.000,-

Total Rp 356.000,-



Nah, jadi gimana? Udah siap buat bikin passport?

Sumber gambar:
https://johanesjonaz.files.wordpress.com/2013/04/xbaafwaxfi.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar